Sejarah Ambulans Dunia

Uncategorized Admin Ambulance BSB 0
Ambulans Toyota Hiace Premio

Kendaraan yang satu ini memiliki fungsi yang penting dalam dunia medis, apalagi di masa pandemik covid 19 ini. Dunia medis saat ini memang sangat membutuhkan ambulans karena pandemi covi 19 yang berkepanjangan. Di balik pentingnya fungsi ambulans ternyata ada sejarah panjang.

Sejarah ambulans bermula pada zaman kuno dengan menggunakan gerobak untuk mengangkut pasien. Ambulans pertama kali di gunakan pada tahun 1487 oleh pasukan Spanyol. Selama pengepungan Malaga oleh Raja Katolik melawan Emirat Granada, dan varian sipil di operasikan pada tahun 1830 an. Kemajuan teknolohi pada abad ke 19 – 20 menghasilkan ambulans mandiri.


Transportasi pasien dini

Ambulans FDNY pada tahun 1949

Ada bukti pemindahan paksa orang-orang dengan masalah kejiwaan atau kusta di zaman kuno. Catatan paling awal dari ambulans semacam itu mungkin adalah gerobak berbasis tempat tidur gantung yang di bangun sekitar 900 M oleh Anglo-Saxon . 

Selama Perang Salib abad ke-11, Knights Hospitaller mendirikan rumah sakit untuk merawat para peziarah yang terluka dalam pertempuran mereka di ‘tanah suci’, meskipun tidak ada bukti yang jelas yang menunjukkan bagaimana yang terluka bisa sampai ke rumah sakit tersebut.

Orang Normandia menggunakan sampah yang di gantung di antara kuda di dua tiang. Variasi pada kotoran kuda dan kereta yang di tarik kuda di gunakan sampai abad ke-20.


Perawatan Medan Perang Awal

Rekor pertama ambulans yang di gunakan untuk keperluan darurat berkaitan dengan pasukan Isabella I dari Castile pada tahun 1487. Tentara Spanyol pada saat itu di perlakukan dengan baik dan menarik sukarelawan dari seluruh benua; dan di antara manfaatnya adalah rumah sakit militer pertama ( ambulancias ), meskipun tentara yang terluka tidak di jemput untuk perawatan sampai setelah penghentian pertempuran, mengakibatkan banyak yang meninggal di lapangan.

Perubahan besar dalam penggunaan ambulans dalam pertempuran terjadi dengan ambulans volantes yang di rancang oleh Dominique Jean Larrey (1766–1842), yang kemudian menjadi dokter kepala Napoleon Bonaparte .  Larrey hadir di pertempuran Spires , antara Prancis dan Prusia. Dan merasa sedih karena tentara yang terluka tidak di jemput oleh banyak ambulans. Sampai setelah permusuhan berhenti, jadi dia mulai mengembangkan sistem ambulans baru. Setelah memutuskan untuk tidak menggunakan sistem tandu kuda Norman , dia memilih gerbong kuda beroda dua atau empat untuk mengangkut tentara yang gugur dari medan perang.

Larrey mengadaptasi rakitan poros dari artileri yang di tarik kuda milik tentara Prancis (“artileri terbang” – artileri volante ). Yang membuat gerbong senjata mereka dapat bermanuver secara khusus di medan yang tidak rata, dan karenanya menamai ambulansnya “ambulans terbang” ( ambulans volantes). Ambulans terbang pertama kali di gunakan oleh Angkatan Darat Rhine pada tahun 1793. Larrey kemudian mengembangkan layanan serupa untuk pasukan Napoleon, dan menyesuaikan ambulansnya dengan kondisi; termasuk mengembangkan sampah yang bisa di bawa unta untuk kampanye Prancis 1798-1801 di Mesir .

Kemajuan selama Perang Saudara Amerika

Ambulans yang ditarik kuda dari Perang Saudara Amerika (1861–1865)

Kemajuan lebih dalam perawatan medis untuk militer dilakukan selama Amerika Serikat ‘ Perang Saudara . Dokter militer Union Joseph Barnes dan Jonathan Letterman di bangun di atas pekerjaan Larrey. Dan merancang sistem perawatan pra-rumah sakit untuk tentara, yang menggunakan teknik dan metode transportasi baru. Mereka memastikan bahwa setiap resimen memiliki setidaknya satu gerobak ambulans. Dengan desain roda dua yang dapat menampung dua atau tiga pasien. Sayangnya ambulans ini terbukti terlalu ringan untuk tugas tersebut, dan secara bertahap di gantikan oleh ambulans “Rucker”. Ambulans ini di namai untuk Mayor Jenderal Rucker, yang merupakan desain roda empat, dan merupakan pemandangan umum di medan perang perang itu. Kendaraan lain di paksa beroperasi selama perang saudara, termasuk sejumlah kapal uap , yang berfungsi sebagai rumah sakit keliling bagi pasukan. Pada periode inilah praktik pengangkutan tentara yang terluka ke fasilitas perawatan dengan kereta api di perkenalkan.

Layanan Berbasis Rumah Sakit Bermula

Ambulans yang ditarik kuda di luar Rumah Sakit Bellevue di New York City , 1895

Layanan ambulans berbasis rumah sakit pertama yang di ketahui berbasis di Rumah Sakit Komersial, Cincinnati , Ohio , (sekarang Pusat Medis Universitas Cincinnati) pada tahun 1865. Layanan ini segera di ikuti oleh layanan lain, terutama layanan New York yang di sediakan dari Rumah Sakit Bellevue . Edward Dalton , mantan ahli bedah di Union Army , di tugasi menciptakan rumah sakit di New York bagian bawah. Dia memulai layanan ambulans untuk membawa pasien ke rumah sakit lebih cepat dan lebih nyaman, layanan yang di mulai pada tahun 1869.

Ambulans ini membawa peralatan medis, seperti bidai, pompa perut, morfin , dan brendi., mencerminkan pengobatan kontemporer. Dalton percaya bahwa kecepatan adalah penting, dan pada awalnya kuda-kuda di simpan di harness sambil menunggu panggilan. Dalam beberapa bulan praktek ini telah diganti dengan ‘drop’, atau ‘jepret,’ harness pengaturan. Yang mana taktik itu di turunkan oleh katrol dari langit-langit langsung ke kuda. Di bawah skema mana pun, ambulans siap berangkat dalam waktu 30 detik setelah di panggil. 

Layanan ini sangat populer dan berkembang pesat, dengan tahun 1870 ambulans menghadiri 1401 panggilan darurat. Tetapi dua puluh satu tahun kemudian, ini meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 4392. Selama minggu pertama operasi mereka, ambulans di awaki oleh staf rumah sakit. Setelah itu rumah sakit mempekerjakan Drs. Duncan Lee dan Robert Taylor sebagai ahli bedah ambulans penuh waktu.

Kedepannya, rencananya adalah menjadi awak ambulans dengan lulusan baru dari program pelatihan bedah Bellevue. Yang akan bertugas selama enam bulan dan di gantikan oleh karyawan baru dari kelas kelulusan berturut-turut. Namun, skema ini langsung kandas ketika para lulusan menolak keras jadwal dan gaji yang di tawarkan $ 50 sebulan. Shift dua belas jam, dan satu hari libur setiap empat minggu. Sebaliknya, pada akhir tahun 1869, sistem penempatan staf ambulans dengan penduduk dalam pelatihan di tetapkan dengan kuat. Sampai tahun 1935, para pekerja magang ini mendapatkan $ 50 yang sama sebulan yang di terima kakek mereka.


Awal dari Layanan Khusus

Inggris

Pada tahun 1880, Presiden Lembaga Medis Liverpool , Reginald Harrison , menyarankan ambulans yang di tarik kuda untuk kota. Tahun 1884, layanan ambulans ini berdiri di Rumah Sakit Liverpool Utara dan ini adalah yang pertama di Inggris. 

Juni 1887, Brigade Ambulans St John berdiri untuk memberikan layanan pertolongan pertama dan ambulans pada acara-acara publik di London. Itu di modelkan pada komando gaya militer dan struktur disiplin. Asosiasi Ambulans St John telah mengajarkan pertolongan pertama kepada publik selama 10 tahun sebelumnya. St John Ambulance cabang nasional atau negara bagian sekarang menyediakan ambulans dan layanan pertolongan pertama di banyak negara di seluruh dunia.

Irlandia

Di Irlandia, St John Ambulance berdiri pada tahun 1903 di Guinness Brewery di St. James Gate di Dublin. Kemudian Sir John Lumsden untuk pekerja. Pada tahun 1910, Brigade memulai tugas publik pertamanya di Royal Dublin Society. Selama kebangkitan tahun 1916 dan (setelah menjadi Brigade Ambulans St. John independen di Irlandia ). ‘Darurat’ (Perang Dunia II) brigade tersebut bertindak sebagai layanan ambulans dan tetap demikian sampai berdirinya Layanan Ambulans Regional.

Malta

Pada tahun 1938, Korps Ambulans Orde Malta berdiri di Galway. Bertahun-tahun sejak layanan sukarela ini semakin kuat dan sekarang menjadi layanan ambulans sukarela terbesar di Irlandia. Dan salah satu badan amal terbesar di Irlandia.

Australia

Di Queensland , Australia , petugas medis militer Seymour Warrian mengadakan pertemuan publik di Brisbane dan mendirikan layanan ambulans. Setelah menyaksikan sebuah acara di tempat pertunjukan Brisbane selama Show Week pada tahun 1892. Seorang pengendara yang jatuh, menderita patah kaki berjalan keluar lapangan oleh pengamat yang bermaksud baik tetapi salah arah, memperburuk cederanya.

Sebagai hasil dari pertemuan tersebut, Queensland Ambulance Transport Brigade terbentuk pada 12 September. Stasiun ambulans pertamadi Queensland beroperasi dari Perusahaan Koran Brisbane dan petugas jaga malam tidur di gulungan koran di lantai. Mereka memiliki tandu, tetapi tidak memiliki kendaraan dan mengangkut pasien dengan berjalan kaki. Meskipun pada waktunya, mereka mendapatkan tandu yang di tarik kuda dan akhirnya kendaraan. Setahun setelah pendirian pusat Brisbane, pusat lainnya berdiri di Charters Towers di Queensland utara. Dan berkembang menjadi lebih dari 90 pusat ambulans yang di kendalikan masyarakat. Pada tahun 1991 pusat QATB independen bergabung untuk membentuk Layanan Ambulans Queensland yang sekarang menjadi layanan ambulans terbesar keempat di dunia.

Itulah sebagian dari sejarah ambulans di beberapa negara dari mulai Zaman kuno. Seiring semakin majunya teknologi di Dunia ambulans kini pun semakin canggih.

Sumber artikel dan gambar : Wikipedia

Related Post

Karoseri Mobil Laboratorium

17 Februari, 2024

Ambulance Mitsubishi L300

14 Februari, 2024

Mobil Donor Darah

10 Februari, 2024
0 Komentar

Stay Connected